Pest management dengan menggunakan alat gelombang ultra sonic sebagai pengusir Hama, idealkah ?

Posted on June 7, 2013 · Posted in General

Pengusir ultrasonik bisa mengusir tikus dalam waktu yang pendek, mungkin sekitar 3 jam-an. Hewan Pengerat ini mungkin terusir pergi selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari, tetapi mereka cenderung untuk kembali ke sarang mereka dan makan daerah bahkan
di hadapan alat ultrasonik ini (Pierce 1993, Timm 1994). Kenapa alat ultrasonik ini tidak bekerja sesuai dengan yang di harapkan oleh pembuatnya. ? Perangkat ini mudah di kenali oleh beberapa hama serangga terbang dan merayap, apalagi jenis hama tikus yang mudah sekali mempelajari ritme dari alunan suara yg mestinya bisa mengusirnya itu. Sampai pada suatu saat mereka akhirnya mengenali dan
bisa beradaptasi dengan sangat baik dengan alat ini. Pada sisi lain, alat ini dinilai terlalu lemah bila digunakan untuk serangan hama, tapi terlalu kuat bila itu dipaksakan akhirnya mengganggu pendengaran manusia (Lawrence dan Simmons 1982), effeknya adalah :
manusia akan terbiasa mendengarkan suara ini, sehingga tidak bisa membedakan akan suara lain disekelilingnya dengan frekuensi hampir sama, atau bahkan membuat telinga manusia menjadi tuli (Askham 1992). Terakhir, alat ini gampang sekali terblok oleh intervensi objek seperti dinding dan furnitur. Alat ultrasonik tidak dapat tembus melalui benda-benda dan tidak bisa setiap sudut dilaluinya. Oleh karena itu, dinding, pintu, dan furnitur memblok “bayangan ” di belakang benda tersebut. Hama dan tikus lainnya dapat dengan mudah menggunakan daerah-daerah yang tidak terkena area bunyi ultrasonik, sehingga bisa menghindari alat ultrasonik ini dengan nyaman sekali.Dalam ilmu pengendalian hama, alat ini tidak diizinkan digunakan (bisa terlihat dari cover box packing produk ini, yg tidak menyertakan izin dari badan akreditas lulus product untuk penggunaan pengendalian hama), jelas selain bisa merusak pendengaran manusia, dan mengganggu hewan peliharaan (anjing, kucing, ayam dan kelinci). Ada beberapa restaurant¬† dan rumah yang menganggap kalau alat ini bisa mengusir hama secara berpermanen sehingga, ketika ada koloni baru masuk, maka wabah hama semakin menjadi. Hal yang perlu di perhatikan bila ingin mencoba dengan alat ini adalah :

1. Jenis dari alat ultrasonic ini, ambil beberapa merk yang ada di pasaran, kemudian tempatkan di sudut property yang berbeda-beda, serta lakukan penggantian level ultrasonic tiap 5 menit.
2.  Tempatkan extra 1 orang pekerja, hanya untuk menyetting suara per 15 menit atau kurang.

Regulasi di indonesia baru akan muncul ketika pemakaian alat ini sudah sangat membahayakan dan ada kajian secara ilmiah dari alat ini, sementara masih bebas di jual belikan. Namun, di beberapa negara tetangga dan negara-negara maju sudah mengeluarkan surat peringatan akan bahaya dari alat ini kepada sekitar 60 produsen dan pengecer perangkat pengendalian hama ultrasonik ini.

Demikian uraian dari kami, Remapest Academy. Bila masih ada pertanyaan, silahkan hub kami kembali. Terimakasih