Rayap tanah, kerusakan rayap, rayap mati, laron

Kerusakan yang disebabkan oleh Rayap, diawali dengan tanda ini :

Posted on August 25, 2017 · Posted in General

Bila anda mempunyai kebocoran di dalam rumah dan banyaknya kayu yang lapuk. Bisa juga disebabkan oleh kerusakan rayap.
Tunnel atau alur rayap – Subterranian / Rayap tanah membangun tabung penampungan yang terbuat dari lumpur, kotoran dan puing-puing sebagai jalur bolak balik menuju sumber makanan agar tidak terlihat. Tabung ini biasanya seukuran koin dan umumnya ditemukan pada dinding eksterior dan interior yang mengarah ke titik masuk dari bangunan.

Rayap biasanya terlihat seperti semut sehingga kehadirannya sering disepelekan. Padahal, keberadaan hama yang dikenal rakus ini biasanya diiringi dengan “kejutan” berupa kerusakan pada sejumlah titik di rumah.

Bila terlambat mendeteksi keberadaan rayap, kerusakan rumah pun bisa terlanjur terjadi. Namun untuk mencegah kerusakan lain di kemudian hari, ketahui tips untuk mengenali keberadaan rayap sebelum bangunan Anda diserang habis oleh mereka:

Jalur tanah di dinding

Subterranean atau rayap tanah membangun jalur penampungan yang terbuat dari lumpur, kotoran, dan puing-puing sebagai jalur bolak balik menuju sumber makanan agar tidak terlihat. Jalur ini umumnya ditemukan pada dinding eksterior dan interior yang mengarah ke titik masuk dari bangunan.

Sayap laron bertebaran

Biasanya tanda pertama dari serangan rayap yang menjadi perhatian pemilik properti adalah kehadiran rayap terbang atau laron. Tanda umum lainnya adalah sisa-sisa dari sayap laron yang rontok yang dapat ditemukan di lantai dan pinggir jendela.

Walaupun rayap atau laron ini kemungkinan cepat menghilang setelah menemukan pasangan kawinnya, tanda-tanda seperti adanya kumpulan sayap yang identik tanpa tubuh merupakan pertanda dari kemunculan rayap.

Terdapat rongga pada kayu dan terdengar suara seperti kertas disobek

Rayap biasanya memakan kayu dari sebelah dalam ke luar dan meninggalkan kayu atau cat dengan lapisan tipis. Jadi, ketika Anda mengetuk atau menekan area kayu yang diserang rayap, maka akan terdengar berongga atau terasa tipis karena sebagian (atau semua) isi kayu tersebut telah digerogoti oleh rayap.

Kotoran rayap

Setelah memakan kayu, rayap kayu kering sering meninggalkan gundukan kotoran kasar berwarna coklat. Untuk rayap kayu kering, mereka mengeluarkan feses berwarna coklat kasar, kotoran ini biasanya ditemukan di bawah kayu yang digerogoti.

Pemeriksaan rutin oleh teknisi pengendalian hama berlisensi dapat membantu mendeteksi keberadaan rayap lebih awal. Teknisi yang berpengalaman dapat mendeteksi suara berongga di kayu dan suara prajurit rayap “berderit” sebagai respon ketika kayu diketuk.

Indikasi ini tidak mudah dilakukan oleh mata yang tak terlatih. Maka apabila Anda membutuhkan bantuan maupun survei gratis untuk dapat mengetahui masalah rayap di rumah, Anda dapat menghubungi jasa pengendalian hama profesional seperti REMAPEST yang sudah berpengalaman dalam pengendalian hama rayap selama berpuluh-puluh tahun.

Anda bisa menghubungi REMAPEST Hotline service : 0815-84330055, 021-29305699 atau
mengirimkan inquiry email ke : info@remapest.com