Di kuil Karni Mata di Rajasthan India, tikus tidak diusir – mereka disembah.

Posted on January 27, 2014 ยท Posted in General

Ribuan tikus berlarian di lantai kotak-kotak candi , semakin kusut ketika di antara mereka memperebutkan akses satu sama lain ke piring besar, tempat susu.
Jauh dari yang dianggap sebagai hama , tikus-tikus yang dihormati sebagai keturunan suci Karni Mata , yang dipuja sebagai inkarnasi dari Dewi Durga Hindu selama abad ke-15 .

Kisah tentang bagaimana keturunan Karni Mata yang berupa hewan pengerat memiliki beberapa variasi, tapi versi yang paling umum dimulai dengan ketika dia meminta Yoma , dewa kematian, untuk menghidupkan kembali tenggelam putra seorang pendongeng itu . Setelah pertama menolak, Yoma menyerah, mengutuk bahwa anak laki-laki dan semua keturunan laki-laki Karni Mata yang akan bereinkarnasi sebagai tikus.

Para pengunjung candi diharuskan mencopot sepatu mereka sebelum berjalan kedalam. Ketika menginjak kotoran, makanan dan susu yang tumpah dan dikerebutin oleh tikus, itu menandakan bahwa anda adalah orang yang beruntung bisa dengan mudah tikus membersihkan kaki anda. Tip lain: dengan langkah kaki secara berlahan. Aturan candi menyatakan bahwa jika ansa secara tidak sengaja menginjak salah satu tikus dan memmbunuhnya, maka anda harus menggantinya dengan tikus yang terbuat dari emas murni. Untuk beberapa kejadian di Indonesia, dimana Tikus merupakan sumber penyakit, penghalau pelanggan, dan pembunuh reputasi, kami REMAPEST-Guaranteed pest control services, menyediakan layanan bebas hama tikus : RODEAD – Pengendalian hama pengerat ( Cont.Tikus)

Metode Pengendalian
Pengendalian tikus dengan sistem baiting dan trapping. Sistem trapping hanya untuk tempat-tempat yang sangat khusus dengan populasi tikus yang rendah.

Penempatan rodent bait dilaksanakan pada area tertentu yang akan menarik tikus dari dalam sarang ke luar, atau ke tempat yang tidak sensitive, seperti area parkir/ garden, setelah itu baru difokuskan untuk tikus yang aktifitasnya dengan radius pendek yakni tikus nyingnying/ tikus rumah ( mice/ Mus musculus) , umpan ditempatkan di dalam.

Keraguan akan adanya resiko bau bangkai dapat diatasi dengan konfigurasi penempatan umpan untuk setiap kategori jenis tikus, jadi dengan penempatan umpan pada suatu lokasi dapat dideteksi sampai sejauh mana lokasi tempat tikus tersebut mati.

Jadwal Pengendalian
Pengendalian tikus dilaksanakan 2 kali per bulan, bisa bersamaan dengan pengendalian kecoa. Perbedaanya, untuk pengendalian tikus pengontrolan lebih ketat, yakni 3-7 hari pertama dilakukan setiap hari, untuk memastikan tidak ada masalah dengan bau tikus dan kebutuhan/ penambahan bait.

remapest rodead basmi tikus

temple rodent 2